Sunday, September 6, 2015

Cara Mengatasi GRUB error : no such partition pada Linux

Cara Mengatasi GRUB error : no such partition pada Linux


     Grub error : no such partition adalah error yang biasa terjadi pada OS Linux karena aplikasi atau program Grub tidak dapat diakses atau tidak letaknya tidak tau di partisi yang mana. GRUB adalah program atau aplikasi yang berfungsi untuk memilih Operating System  apa atau yang mana yang ingin digunakan.Contohnya jika pada computer terpasang dua Operating System seperti Windows 8.1 dan Linux Ubuntu maka program atau aplikasi GRUB itulah yang akan kita gunakan untuk memilih antara Windows 8.1 atau Linux Ubuntu yang akan digunakan.

Keterangan : partisi adalah bagian dari hardisk contohnya (C:/), (D:/), (E:/) dan lain – lain
Oke langsung saja pada intinya yaitu bagaimana cara mengatasinya ikutilah langkah – langkah bertikut :

Ketikkan “ls” tanpa tanda petik untuk mengetahui partisi – partisi apa saja yang terdapat   pada hardisk.

Jika sudah, maka akan muncul beberapa partisi kita coba satu – persatu partisinya         dengan mengetik “ls (nama partisi)” tanpa tanda petik contohnya “ls (hd0,msdos6) dan         tekan enter.

Jika muncul tulisan “unknown partition” maka cobalah ketikkan lagi “ls (nama partisi)” dan tekan enter sampai yang muncul bukan lagi “unknown partition”.

Jika yang muncul bukan lagi “unknown partition” maka coba ketikkan set prefix=(nama partisi)/boot/grub/ ,contohnya set prefix=(hd0,msdos6)/boot/grub/

Setelah itu ketikkan set root=(nama partisi) , contohnya set root=(hd0,msdos6)
Lalu itu ketikkan “insmod normal” tanpa tanda kutip.

Dan yang keterakhir ketikkan “normal” maka aplikasi atau program GRUB akan segera muncul, setelah itu kita tinggal pilih saja Operating System mana yang akan digunakan dan selamat komputer anda sudah dapat digunakan kembali.

     Namun cara ini hanya untuk sementara atau setiap kali komputer anda dinyalakan maka masalah ini akan muncul kembali. Mungkin anda bisa mencari sumber informasi lain selain dari blog ini karena ini hanya berdasarkan dari pengalaman saya pribadi sebagai penulis blog.

No comments:
Write comments